Peranan dan Dampak dari Ilmu Alamiah dam Teknologi

Fenomena Robot Sebagai Pekerja Rumah Tangga

Gambar        Makin canggihnya teknologi robot di dunia, membuat berbagai perusahaan berlomba-lomba membuat robot terutama robot untuk rumah tangga. Sehingga memudahkan kita menyapu,mengepel, mencuci dan berbagai perintah lainnya,tanpa susah payah mencari pembantu. Pada suatu ketika di masa depan, semua pekerjaan rumah tangga seperti  mempersiapkan makanan dan bersih-bersih rumah, yang selama ini untuk sebagian orang di Tanah Air diserah ke pekerja rumah tangga (PRT), boleh jadi akan ditangani robot. Orang-orang tua yang tinggal sendiri atau punya keterbatasan fisik, bisa menggunakan jasa robot-robot semacam ini. Orang-orang sibuk yang tidak punya PRT juga bisa mengandalkan robot-robot seperti ini. Hal itu sepertinya tidak terlampau futuristik karena sejumlah programer robot di Carnegie Mellon University (CMU) di Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat, telah menciptakannya meski masih harus dikembangkan agar benar-benar siap pakai. Proyek tersebut mendapat sokongan dari Intel Science and Technology Center.

Berikut akan saya bahas tentang beberapa Robot yang handal untuk dijadikan sebagai pelayan rumah tangga.

1. Apripoco

Apripoco adalah robot berbentuk seperti kura-kura , robot pintar ini dapat membantu pekerjaan rumah seperti menyalakan resquker , memasak air , dan pekerjaan rumah lainnya .
Cara menggunakannya cukup dengan perintahkan dengan berbicara pada robot Apripoco itu. Dan dia langsung mengerjakan perintah diri sang majikan .

2. robot PR2

Perusahaan Willow Garage dari Silicon Valley telah memasarkan robot PR2 buatan mereka. Robot ini memiliki dua tangan pemegang, scanner laser dan banyak sekali kamera untuk melipat pakaian, menyajikan minuman, membersihkan meja, hingga bermain bilyard. Bila baterainya kritis, ia secara otomatis mencari sendiri stop kontak dan mengisi kembali baterainya.

3. RoboCleaner RC3000

ini alat pembersih lantai yang menggunakan kombinasi sapu dan vacuum (penyedot) debu dan kotoran. Dengan teknologi robotic, alat ini dapat bekerja secara otomatis membersihkan ruangan  dengan sempurna tanpa menyisakan debu di lantai maupun di karpet. RoboCleaner juga dilengkapi alat navigasi dan fitur sensor, sehingga mampu mendeteksi benda-benda yang ada di sekitarnya seperti kabel, furnitur dan lain-lain. Tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan Anda, karena alat ini juga dilengkapi sensor yang dapat mendeteksi tangga, sehingga alat ini tidak terguling.

4. Herb

Robot yang diberi nama HERB, singkatan dari Home Exploring Robotics Butler, itu diperlihatkan kepada puluhan wartawan dari berbagai negara, termasuk Kompas.com, di Kampus CMU, di Pittsburgh, Rabu (16/5/2012). Ketika itu, HERB yang ditempatkan di dapur mendemonstrasikan kebolehannya memasukan makanan beku ke dalam microwave, memanaskan makanan itu, lalu mengeluarkannya, kemudian menyerahkan kepada orang di sekitarnya. Robot itu, yang biaya pembuatannya hampir setengah juta dollar AS, dikembangkan bersama oleh Intel dan Quality of Life Technologies di CMU di Personal Robotics Lab universitas tersebut. Laboratorium itu berfokus pada pengembangan algoritma yang memungkinkan robot seperti HERB mampu melakukan tugas-tugas yang menuntut dan rumit dalam kondisi lingkungan tempat tinggal manusia yang tidak pasti dan berantakan seperti rumah dan kantor. HERB menggunakan enam komputer multi-core berserta sejumlah sensor guna mengerjakan berbagai pekerjaan di sekitar dapur itu. Untuk menyelesaikan tugasnya, seperti bagaimana menggunakan microwave, HERB juga menggunakan laser-laser yang berputar. Hal itu membantunya dalam membangun model tiga dimensi dari lingkungan sekitarnya. Robot itu juga punya sejumlah kamera untuk mengenali obyek dan dua lengan untuk melakukan aksinya. Lengan-lengannya memiliki sensor, yang memungkinkannya mengetahui lingkungan sekitar. Sensor-sensor itu membantu robot itu tahu di mana suatu benda berada. Dengan begitu, robot tersebut dapat bekerja dengan aman di samping manusia dan melakukan navigasi di dapur atau lingkungan lain, seperti kantor, yang dirancang untuk manusia.

5.  Kojiro

Ilmuan di Tokyo University’s JSK Robotika Laboratorium, telah menciptakan sebuah robot humanoid bernama Kojiro, uniknya ia bisa bergerak dalam mode alami karena memiliki struktur kerangka mirip dengan manusia dan memiliki tulang belakang buatan. Canggihnya lagi, terdapat sekitar 100 sistem mirip otot tendon yang memungkinkan Kojiro lebih bebas bergerak. Sensor ditambahkan ke beberapa sendi dan accelerometer serta dua gyroscopes untuk membantu keseimbangan robot. Pimpinan tim ilmuwan, Profesor Nakanishi mengatakan, kegunaan tulang belakang memungkinkan Kojiro lebih fleksibel bergerak untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Namun, Saat ini normal robot humanoid tidak cocok untuk bekerja di lingkungan kita sehari-hari. Kurangnya keamanan dan fleksibilitas adalah alasan utama. Bahan dasar robot yang keras dan berat bisa melukai manusia atau benda-benda di sekitarnya, dan mereka dapat melakukan tugas-tugas terbatas dibandingkan dengan apa yang manusia lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini para ilmuwan menguji gerakan kecil Kojiro menggunakan konsol game controller. Tim ilmuwan berharap suatu hari nanti akan dapat menangani gerakan-gerakan yang rumit dengan menggunakan seluruh anggota badan. Andaikan itu terwujud, suatu hari nanti anda akan menemukan Kojiro melayani sarapan pagi.

Itulah beberapa Robot yang diyakini akan dapat membantu perkerjaan manusia sebagai pekerja rumah tangga dimasa depan nanti, hal ini akan memudahkan manusia dalam mengerjakan segala pekerjaannya, hal ini tentu hal yang menatik untuk dimiliki apabila robot-robot ini telah dirilis dalam jumlah yang banyak nanti, akan tetapi hal ini juga mengundang kotroversi, Karena dikuatirkan banyak orang dimasa depan yang akan menjadi pengangguran jika semua hal dipercayakan kepada robot-robot yang tentunya tidak perlu digaji. Sehingga juga dikuatirkan dengan pembuatan robot pembantu ini akan diiring dengan meningkatnya jumlah kejahatan.

REFERENSI:

http://forum.kompas.com/teras/207626-5-robot-pembantu-rumah-tangga-terbaik-di-dunia.html

http://log.viva.co.id/news/read/5413-toyota_kembangkan_robot_prt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s